Menu Click to open Menus
TRENDING
HOME » LAHATAKTUAL » BELUM USAI MASALAH DANA DESA, KINI MASALAH KEBUN PLASMA DESA PADANG BINDU BENAKAT DISOAL

BELUM USAI MASALAH DANA DESA, KINI MASALAH KEBUN PLASMA DESA PADANG BINDU BENAKAT DISOAL

April 2, 2021 8:50 pm | Published by | No comment
Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat Kabupaten Muara Enim..Belum usai masalah kasus Dana Desanya kini warga mempersoalkan hasil kebun Plasma milik Desa Padang Bindu yang tidak ada kejelasan.

Muara Enim
lahataktual.com

Permasalahan di Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat Kabupaten Muara Enim perlu menjadi perhatian yang serius dari pihak pihak yang berwenang.

Sebelumnya yang dipermasalakan warga mengenai pelaksanaan dana desanya yang dinilai warga sangat tidak tranparan dan diduga ada yang tidak beres. Permasalahan dana desa Padang Bindu ini sudah dilaporkan warga ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Muara Enim. Namun Kejaksaan Negeri Muara Enim melalui kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Muara Enim mengatakan bahwa permasalahan Dana Desa Padang Bindu sudah ditangani Polres Muara Enim.

Hingga kini kasus dugaan Dana Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat ini belum ada kejelasan, bagaimana tindak lanjutnya.

Belum usai permasalahan kasus Dana Desanya, kini warga Desa Padang Bindu kembali mempertanyakan permasalahan hasil kebun kelapa sawit plasma Desa Padang Bindu, yang juga dinilai warga juga tidak ada kejelasan.

Sebagaimana yang diungkapkan Irin (60th) Warga Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat Kabupaten Muara Enim. Bahwa Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat Kabupaten Muara Enim memiliki kebun sawit plasma yang pengelolaannya bersama PT Surya Bumi Agro Langgeng (PT SBAL)

” Kebun Plasma Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat awal diusahakan pada tahun 2013 lalu ” Jelas Irin.

Seiring waktu lanjut Irin, pada tahun 2016 kebun plasma milik Desa Padang Bindu tersebut mulai menghasilkan. Namun janggalnya dari awal sampai sekarang belum ada rincian mengenai kebun plasma milik Desa Padang Bindu dimaksud. Masyarakat tidak mengetahui mengenai rincian atau cerita perkebunan plasma tersebut.

” Warga Desa Benakat tidak mengetahui sama sekali mengenai plasma Desa Padang Bindu tersebut. Karena warga Desa Benakat tidak perna diundang setiap kali ada pertemuan dengan pihak perusahaan PT Surya Bumi Agro Langgeng. Jadi masyarakat tidak tahu sama sekali mengenai plasma tersebut. Ujar Irin, Jum’at (02/04/2021).

Dijelaskan Irin bahwa saat ini perkebunan plasma Desa Padang Bindu tersebut sedang panen raya. Tapi dari mulai menghasilkan pada tahun 2016 lalu sampai saat ini masyarakat desa Padang Bindu tidak mengetahui rincian kebun plasma Desa Padang Bindu tersebut.

Dirinya sudah mendatangi pihak perusahaan PT Surya Bumi Agro Langgeng (PT SBAL) menanyakan permasalahan itu. Kemudian didapat data bahwa pihak Pemerintah Desa Padang Bindu sudah mengambil uang dari PT SBAL, adapun rinciannya, pada tahun 2016 sebesar Rp Rp 55 juta, pada tahun 2017 sebesar Rp 65 Juta, tahun 2018 sebesar Rp 143 Juta, tahun 2019 sebesar Rp 141 Juta, Tahun 2020 sebesar Rp 167 Juta.Totalnya Rp 571 Juta.

” Dana sebanyak itu, warga Desa Padang Bindu Kecamatan Benakat tidak mengetahui apa kegunaan dana sebesar itu. Bangunan pun setahu saya tidak ada dari dana plasma tersebut ” Tutur Irin.

” Kami meminta Pemerintah Desa Padang Bindu bisa menjelaskan kepada warga mengenai rincian plasma tersebut. Uang yang sudah ambil,  termasuk aturan dan tekhnis pembagian hasil kebun plasma Desa Padang Bindu tersebut “Harap Irin.

” Jarena masyarakat Desa Padang Bindu sampai saar ini tidak mengetahui hal itu ” Pungkasnya.

Sementara itu terkait masalah ini, pihak Perusahaan PT Surya Bumi Agro Langgeng (PT SBAL) ketika dikonfirmasi melalui humas PT SBAL, Jhon. Sampai berita ini ditayangkan tidak memberikan respon (RED)

Categorised in: , ,

Tidak Ada Komentar untuk BELUM USAI MASALAH DANA DESA, KINI MASALAH KEBUN PLASMA DESA PADANG BINDU BENAKAT DISOAL

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

434 views