Menu Click to open Menus
TRENDING
HOME » HANGAT » SATGAS PANGAN POLDA SUMSEL UNGKAP BERAS BULOG OPLOSAN DI LAHAT

SATGAS PANGAN POLDA SUMSEL UNGKAP BERAS BULOG OPLOSAN DI LAHAT

Juli 25, 2017 8:05 am | Published by | No comment

Palembang,(lahataktual.com) Keluhan masyarakat mengenai keberadaan dan beredarnya beras raskin yang tidak layak dikonsumsi, akhirnya terkuak juga.

Karena pada senin (24/7/2017)
Satuan tugas (Satgas) Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan berhasil mengungkap dan mengamankan sebanyak 39 ton beras bulog yang diduga sudah dioplos dari salah satu gudang beras Jalan RE Martadinata Kelurahan Bandar Agung Kota Lahat, di Kabupaten Lahat, Sumatera selatan.

Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolda Sumsel mengatakan kalau terungkapnya beras bulog oplosan tersebut karena adanya laporan masyarakat.

“Tim satuan tugas pangan mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada penolakan pendistribusian beras di beberapa kecamatan”
Ternyata setelah dilakukan penyelidikan akhirnya terungkap adanya gudang yang mengoplos beras tidak layak konsumsi dan telah didistribusikan pada masyarakat,” ujarnya kepada awak media.

Dijelaskannya bahwa Penyelidikan mengenai keberadaan beras oplosan ini sudah dilakukan sejak tanggal 18 sampai 22 Juli lalu. Akhirnya Polisi menemukan Gudang Bulog salah satu gudang beras di Kabupaten Lahat, Sumatera selatan.

Masih kata Kapolda bahwa gudang beras di Kabupaten Lahat ini merupakan Subdiver Wilayah Regional yang membawahi 6 kabupaten, yakni Lahat, Muara Enim, Empat Lawang, Pagar Alam, Prabumulih dan Pali. Dan ternyata sudah terbukti bahwa telah terjadi penggoplosan serta sudah didistribusikan jenis beras tidak layak konsumsi atau kualitas rendah kepada masyarakat.

“Penolakan terhadap pendistribusian beras oleh masyarakat ini,karena beras yang akan diterima masyarakat kondisinya sangat buruk dan tidak layak konsumsi. Yakni pencampuran beras Bulog pada tahun 2016 yang sudah tidak layak konsumsi, dioplos dengan beras pengadaan tahun 2017.

Atau mengoplos beras bulog raskin yang kualitas baik dengan perbandingan dua banding satu dari beras tahun 2016 dan 2017. Maka dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan dokumen, tim satgas menemukan ada sekitar  1.089 ton beras yang telah didistribusikan ke masyarakat.

“Dari hasil pemeriksaan dokumen ada 1.089 ton yang sudah didistibusikan ke masyarakat. Di mana saat ini tersisa 39 ton lagi yang ada di gudang Bulog Kabupaten Muara Enim untuk selanjutnya diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut,”

“Kini para pelaku ada 6 orang pegawai gudang, termasuk AS (45th) pemilik gudang berikut barang bukti 100 karung beras ukuran Rp 50 Kg kualitas baik dan 50 karung beras tidak layak konsumsi.
sudah diamankan di Mapolres Lahat, untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut .ujarnya (Ab)

Categorised in: , ,

Tidak Ada Komentar untuk SATGAS PANGAN POLDA SUMSEL UNGKAP BERAS BULOG OPLOSAN DI LAHAT

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

3 views