Menu Click to open Menus
TRENDING
HOME » LAHATAKTUAL » JANGGAL, JALAN HANDAYANI PALI TAHUN 2018 DIANGGARKAN RP 60 MILIAR, TAHUN 2020 KEMBALI DIANGGARKAN RP 9 MILIAR.

JANGGAL, JALAN HANDAYANI PALI TAHUN 2018 DIANGGARKAN RP 60 MILIAR, TAHUN 2020 KEMBALI DIANGGARKAN RP 9 MILIAR.

Juli 14, 2020 8:01 pm | Published by | No comment
Jalan Handayani Kec Talang Ubi Kab PALI, setelah Rp 60 M tahun 2018, kini kembali dianggarkan Rp 9 Miliar

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
lahataktual.com

Akses jalan Handayani, jalan alternatif atau sarana jalan lingkar yang berlokasi di Kecamatan Talang Ubi Kabupaten
Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan. Walaupun cuma jalan alternatif atau jalan lingkar namun betapa sangat istimewanya sarana jalan ini.  Terkesan perhatian terhadap jalan ini melebihi dari akses akses jalan utama didesa desa di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Ada apa disarana jalan ini.

Sangat istimewa. Bagaimana tidak. Karena akses jalan Handayani ini pada anggaran Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tahun 2018 lalu sudah dianggarkan dengan menggunakan dana pinjaman SMI sebesar Rp 60 Miliar. Dan janggalnya, sarana jalan yang cuma panjangnya sekitar 6 KM ini, pada APBD anggaran Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tahun 2020 kembali dianggarkan sekitar Rp 9 Miliar.

Sebagaimana dipapan proyek, walaupun proyek jalan SMI tahun 2018 yang sudah menggunakan dana sebesar Rp 60 Miliar ini, menggunakan konsultan pengawas PT Tri Hidayah Karya Engineering didampingi TP4D. Namun kwalitas pekerjaan jalan ini bukan berarti terjamin baik. Terbukti Dari data yang ada, disinyalir pekerjaan Proyek jalan Handayani – Talang Anding – Sumberejo tahun 2018 yang menggunakan dana SMI oleh PT Lince Romauli Raya terdapat temuan audit BPK RI, Kekurangan volume sebesar Rp 12.520.376.630.30 (Rp. 12, 5 Miliar), yang harus dikembalikan ke Negara.

Juga dari pantauan langsung kelokasi akses jalan Handayani Kecamatan Talang Ubi pada saat ini. Hasil pekerjaan proyek jalan dana SMI tahun 2018 tersebut sudah banyak yang rusak, sehingga kembali dianggarkan pada APBD Kabupaten PALI tahun 2020  sebesar Rp 9 Miliar.

Hal ini sangat miris, sementara masih banyak jalan jalan utama di desa desa yang masih buruk, sedangkan sarana Handayani sudah menyedot uang negara totalnya berkisar Rp 69 Miliar.

Untuk diketahui, APBD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tahun 2020, sarana jalan Handayani Kecamatan Talang Ubi kembali dianggarkan sebesar Rp 9 Miliar dengan nama proyek sebagaimana papan proyek,  Dinas Pekerjaan Umum, Pekerjaan Peningkatan Jalan Handayani Mulya, Lokasi Kecamatan Talang Ubi, Anggaran Rp 8.999.762.000,-, Waktu 180 Hari Kalender. Pelaksana PT Putra Hari Renisa, tidak mencantumkan nomor kontrak.

Terkait masalah ini, Ruslan dari DPW Badan Pemantau Penyelenggara Pemerintah Republik Indonesia (BP3RI) Provinsi Sumatera Selatan menyikapinya bahwa disini memang terkesan ada kejanggalan.

” Ada kejanggalan disini, perlu ditelusuri oleh pihak pihak yang berwenang. Perlu diketahui berapa kilometer panjang jalan Handayani ini hingga sudah menghabiskan uang negara hampir Rp 70 Miliar ” Ujar Ruslan, Selasa (14/07/2020).

Apalagi lanjut Ruslan, sarana jalan ini tekesan sangat istimewa dengan mengesampingkan keluhan didesa desa lain yang sarana jalannya sangat buruk, sedangkan sarana jalan ini sudah dianggarkan hampir Rp 70 Miliar ” Ada apa dibalik semua ini ” Tanya Ruslan.

Sedangkan Plt Kepala Dinas PU Kabupaten PALI, Hilman ketika dikonfirmasi terkait masalah ini mengatakan bahwa untuk tahun anggaran 2020 merupakan melanjutkan pekerjaan sebelumnya serta memperbaiki kerusakan yg ada.

” Untuk tahun 2020 kita melanjutkan pekerjaan sebelumnya serta memperbaiki kerusakan yg ada dan jalan itu panjangnya seluruhnya 12 KM ” Tulisnya melalui WA, Selasa (14/07/2020).(RED)

Categorised in: , ,

Tidak Ada Komentar untuk JANGGAL, JALAN HANDAYANI PALI TAHUN 2018 DIANGGARKAN RP 60 MILIAR, TAHUN 2020 KEMBALI DIANGGARKAN RP 9 MILIAR.

Tinggalkan Komentar Anda Disini...