Menu Click to open Menus
TRENDING
HOME » HANGAT » SEDIH, ADA APA KABUPATEN PALI YANG DIJULUKI BRUNEI SUMATERA SEMAKIN TERPURUK

SEDIH, ADA APA KABUPATEN PALI YANG DIJULUKI BRUNEI SUMATERA SEMAKIN TERPURUK

Februari 16, 2021 10:18 pm | Published by | No comment
Puluhan kepala desa yang mendatangi kantor DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), prihal menanyakan tunjangan kepala desa dan perangkatnya yang belum dibayar sejak Juli sampai Desember tahun tahun anggaran 2020, Selasa (16/02/2021).

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
lahataktual.com

Terlebih dahulu penulis ingin mengutip sedikit tulisan sebuah hadist Nabi, yang mungkin bisa menjadi renungan dan pembelajaran dalam pelaksanaan bernegara, mulai dari tingkat yang paling rendah sampai ketingkat yang paling tinggi.

Hadist tersebut berbunyi, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) bersabda “Jika amanah telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya: ‘Bagaimana maksud amanah disia-siakan?’ Nabi menjawab: “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (HR Al-Bukhari)

Diduga inilah yang saat ini sedang terjadi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan. Bagaimana tidak, alasannya, disaat daerah lain tidak memiliki masalah yang membuat gaduh karena hak orang tidak diberikan. Justru di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terjadi, hak orang tidak bisa diberikan karena alasan defisit anggaran.

Saat ini Pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) memiliki hutang dari tahun anggaran 2020, yang rencananya harus dibayarkan tahun anggaran 2021, atau keseluruhan hutang pemkab PALI mencapai sekitar Rp 418 Miliar.

Hal ini dibeberkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H Asri AG dihadapan puluhan kepala desa yang mendatangi kantor DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), prihal menanyakan tunjangan kepala desa dan perangkatnya yang belum dibayar sejak Juli sampai Desember tahun tahun anggaran 2020, Selasa (16/02/2021).

Dikatakan Ketua DPRD Kabupaten PALI, H Asri AG bahwa hutang Pemkab PALI  atau disebut juga tunda bayar bukan hanya dialami kades dan perangkatnya, namun juga dialami oleh sektor lainnya.

“Perlu disampaikan disini bahwa hutang Pemkab PALI sebesar Rp 216 milyar lebih tepatnya Rp 216.945.877.398,- Nilai itu termasuk untuk desa sebesar Rp 35 milyar yang seharusnya sudah  disalurkan tahun 2020 lalu ,” ungkap H Asri AG.

Selain permasalahan tunda bayar, Asri juga menjelaskan bahwa Pemkab PALI juga memiliki hutang kepada Bank Sumsel Babel sebesar Rp 22 milyar dan pihak SMI sebesar Rp 180 milyar.

” Ini fakta !!!  kami bukan menyampaikan informasi tanpa data. Memang hutang kepada bank Sumsel dan pihak SMI tidak serta merta langsung besar seperti itu tapi akumulatif sejak tahun 2018, 2019 dan 2020. KALAU KITA BIARKAN MAKA PALI AKAN HANCUR !!! ” Tukasnya

Bahkan yang lebih miris lagi kata Asri, bahwa tunggakan BPJS belum dibayarkan selama satu tahun 2020 sebesar Rp 36 milyar.

” Anggaran untuk BPJS tahun 2020 telah disetujui DPRD yang diajukan pemerintah sebesar Rp 36 milyar namun rupanya belum dibayarkan juga.  Padahal itu untuk membayar biaya pengobatan gratis masyarakat miskin. Dan informasinya, apabila sampai bulan Maret 2021 belum juga dibayarkan, maka berobat dengan BPJS akan distop,” Terang Asri.

Terkait permasalahan yang dihadapi Kabupaten PALI pada saat ini, H Asri mengatakan bahwa DPRD bukan menentang program Pemerintah, tapi justru DPRD PALI sangat mendukung program Pemerintah dengan catatan bila program itu, program yang benar sementara  yang salah harus diperbaiki.

” Kita sama-sama ingin membangun Kabupaten PALI yang katanya Bruneinya Sumatera ini. Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat termasuk Forum Komunikasi Kepala Desa PALI (FK2DP) yang harus aktif ” Ujarnya.

” Dan kami sarankan kedepan tatakelola keuangan di Kabupaten PALI  harus dirubah serta harus banyak belajar dengan daerah lain agar PALI bisa lebih baik, ” Harapnya.(RED)

Categorised in: , , ,

Tidak Ada Komentar untuk SEDIH, ADA APA KABUPATEN PALI YANG DIJULUKI BRUNEI SUMATERA SEMAKIN TERPURUK

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

260 views