Menu Click to open Menus
TRENDING
HOME » HANGAT » NCW INGATKAN PROSES LELANG DIAWASI KPK

NCW INGATKAN PROSES LELANG DIAWASI KPK

September 28, 2019 2:14 pm | Published by | No comment


LAHAT – Kalangan penggiat anti Korupsi kabupaten Lahat mngingatkan pemkab setempat untuk berpikir ulang jika ingin menggelar lelang sejumlah proyek yang didanai APBD. Hal ini dikarenakan proses lelang 95 Paket APBDP tahun 2019 oleh Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) pasti diawasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Juru bicara National Corruption Watch (NCW) kabupaten Lahat, Pirdaus Alamsyah usai mendatangi Kominfo dan LBPJ, Jumat (27/09/2019) mengatakan, kecurangan atau pengkondisian lelang dipastikan bakal terpantau KPK. Oleh karena itu, rencana pemkab yang akan menggelar lelang 95 paket proyek APBDP Lahat dipastikan juga bakal menjadi perhatian KPK.
Menurut Pirdaus kisruh lelang proyek yang terjadi sebenarnya bisa diatasi dengan duduk bersama antara pengguna anggaran (PA) dan Pokja Lelang dengan tidak memberatkan syarat Lelang dan pengondisian lelang, fakta yang ada selama ini proyek belum dilelang tapi sudah ada calon pemenang lelang.
“Silakan saja kalau ada evaluasi teknis pekerjaan, tapi jangan sampai menimbulkan masalah baru berupa gugatan hukum dari para pemenang lelang yang sudah terlanjur diumumkan,” jelasnya.
Pirdaus mengingatkan, proses lelang yang telah selesai dilakukan LPBJ dengan diumumkannya rekanan pemenang lelang, mengandung konsekuensi hukum. Artinya, jika dibatalkan dan dilakukan tender ulang tentunya akan membawa implikasi hukum berupa gugatan. “Pemkab harus hati-hati, jangan sampai muncul gugatan jika menggelar tender ulang,” tandasnya.
Sementara ketua DPD NCW Kabupaten Lahat, Dodo Arman menambahkan, boleh saja pemkab beralasan telah konsultasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebelum melakukan evaluasi lelang. Tapi, hasil konsultasi tersebut diragukan mengingat tidak ada surat dokumen resmi dari LKPP yang membolehkan dilakukan tender ulang.
“Jangan-jangan itu hanya sepihak saja, padahal LKPP tidak mensyaratkan demikian. Karena memang tidak ada dokumen resmi rekomendasi dari LKPP,” tuturnya.
Editor : Edo

Categorised in: ,

Tidak Ada Komentar untuk NCW INGATKAN PROSES LELANG DIAWASI KPK

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

3 views